Powered By Blogger

Minggu, 25 Desember 2011

Kreatif dan Inovatif dalam berwirausaha

Wirausaha yang unggul selalu menghadapiperubahan dengan cepat, berhubungan dengan imajinasi, berpikir kreatif secara sistemik dan kemampuan berproses secara logis. Kombinasi tersebut merupakan kunci sukses wirausaha. Meru­pakan keharusan bagi wirausaha untuk berpikir kreatif dan inovatif. Kreatif merupakan ide umum yang menghasilkan efisiensi atau efekti­vitas dalam sebuah sistem (Koratko & Hodgetts, 2007).

PROSES KREATIVITAS WIRAUSAHA

Proses kreativitas merupakan syarat utama munculnya kewi­rausahaan. Proses kreativitas merupakan proses pembangkitan ide di mana individu maupun kelompok berproses menghasilkan sesuatu yang baru dengan Iebih efektif dan efisien pada suatu sistem. Aspek penting dari kreativitas adalah manusia dan proses. Manusia meru­pakan pelaku yang menentukan proses berjalan dan yang menentu­kan solusi permasalahan. Proses adalah aktivitas yang didisain untuk menemukan solusi. Proses tidak selalu sama dan pendekatan pun ada­kalanya berbeda.

Akumulasi Pengetahuan

Kesuksesan sebuah kreativitas berhubungan dengan kemampuan pengamatan dan pencarian informasi. Wirausaha mau dan mam­pu belajar, melihat, membaca dan berbicara dengan rekan kerja, menghadiri pertemuan profesional, workshop dan pelatihan se­suai dengan minat calon atau wirausaha. Akumulasi pengalaman dan pendidikan selama beberapa periode akan mampu mening­katkan kemampuan kreativitas wirausaha. Koratko & Hodgetts, 2007 memberikan petunjuk praktis bagi calon atau wirausaha guna meningkatkan kreativitas:

Membaca berbagai media sesuai dengan usaha yang akan atau sudah dilakukan.
Bergabung dengan kelompok profesional dan atau asosiasi kelompok usaha.
Memiliki kemauan untuk pertemuan profesional dan seminar.
Bertanya tentang segala hal kepada Isemua orang tentang usaha, bisnis yang dilakukan
Scanning majalah, surat kabar dan jurnal, artikel yang ber­hubungan dengan bisnis yang ditekuni
Membangun perpustakaan sederhana untuk referensi dimasa yang akan datang yang bisa di baca kembali ketika sebuah permasalahan muncul.
Selalu mencari informasi yang tepat yang berhubungan de­ngan bisnis yang ditekuni

Proses Inkubasi

Kreativitas individu muncul dengan melihat langsung proses kegiatan usaha yang sejenis atau berhubungan (related). Dengan melihat Iangsung akan bisa mengetahui proses bisnis yang ditekuni sebenarnya. Beberapa step yang dapat dilakukan calon atau wirausaha guna mempercepat proses inkubasi:

Secara rutin melihat aktivitas dan melakukan proses secara bersama atau menggambar produk yang dihasilkan.
Memecahkan persoalan yang terjadi dalam aktivitas bisnis tersebut.
Bermain, seperti olah raga, puzzles atau games.
Memikirkan proyek dan permasalahan sebelum tidur.
Melakukan perenungan terhadap permasalahan yang terjadi.
Kembali dan rileksasi ke permasalahan dasar.

sumber : planetusaha.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar